Deep Web, Dark Web Dan DarkNet Apa Bedanya? | Canggieh


Canggieh.com,-Bagi orang biasa mungkin hanya mengetahui 10 - 50 situs di internet dan sebagian besar terdapat pada hasil pencarian layanan Google. Kenyataannya internet itu sangat luas dan munkin bisa ada 1 miliar situs yang tersedia di server dari seluruh dunia.
 
Bahkan dari banyaknya situs tersebut bisa di bilang masih kurang. Banyak yang percaya bahwa World Wide Web yang kita lihat hanyalah puncak dari sebuah gunung. Dalam beberapa hal ada istilah DarkNet dan Deep Web, mereka merupakan keberadaan yang tersembunyi bagi kebanyakan orang dan orang-orang yang mengethui ini sebagian besar masih salah kaorah antara DarkNet dan Deep Web. karena keduanya itu berbeda.

Ketika teknologi sudah mulai maju, manusia membuat mesin yang bisa menyelam ke dalam lautan sehingga bisa menemukan puing-puing kapat Titanik. Mesin pencari melakukan hal yang sama seperti kapan penjelajah mereka terjun ke dalam internet dan mencatat apa pun yang mereka temukan.

Titanic mungkin sudah di temukan tapi ada banyak hal lain yang belum di temukan di dasar lautan. Ini juga berlaku bagi crawler mesin pencari yang belum bisa mengidentifikasi World Wide Web dan ini di sebut Deep Web. 

Misalkan mesin pencari tidak dapat mengakses server dan situs web yang menghosting data tentang sebuah misi rahasia. Tapi Deep Web tidak semisterius itu. Sebuah jaringan pribadi membrikan tanda sebagai Deep Web bisa saja keberadaanya tepat di sebelah rumah anda. Hanya saja crawler mesin pencari setandar tidak bisa menjangkaunya. Dan misalnya jaringan tersebut di kelola oleh beberapa layanan berbayar ini bisa saja jenis Deep Web atau situs tersembunyi jadi tentu mesin pencari tidak akan mengindeks katalog situ tersebut.

Apa Itu DarkNet?
Berbeda dengan Deep Web, DarkNet merupakan jaringan terenkripsi yang di banguan di atas internet yang ada. Di perlukan program khusus atau alat khusus untuk mengakses DarkNet dan kemunkinan protocol internet biasa pada umunya tidak akan bekerja di DarkNet. 

DarkNet memberikan akses anonim kepada pengguna. Salah satu DarkNet yaitu TOR atau The Onion Router anda memerlukan browser TOR untuk masuk ke jaringan TOR.

TOR bisa di gunakan untk keperluan internet seperti biasanya hanya saja kita bisa mengakses situs yang memiliki akses tersembunyi. TOR menggunakan protocol sendiri yang di kenal sebagai TOR Hidden Service Protocol. Situs yang terdapat pada jaringan TOR memiliki alamat .Onion khusus, karena itu DarkNet TOR juga di kenal Onion Land.

Jenis lain dari DarkNet adalah F2F Friend-to-Friend artinya dua orang yang sudah saling kenal berkomunikasi satu sama lain melalui internet. Jaringan jenis ini tidak bisa di akses orang lain terdapat enkripsi dan kata kunci jadi hanya orang yang berhubungan yang memiliki akses.

Apa Itu Dark Web?
Dark Web bisa di anggap sebagian bagian dari Deep Web. Anda perlu memahami dahulu perbedaan Deep Web dan Dark Net dan fakta bahwa internet dan www World Wide Web bukanlah hal yang sama.

Dark Web adalah jaringan dan Deep Web adalah bagian dari World Wide Web yang berada di luar jangkauan mesin pencari. Jadi bisa kita simpulkan bahwa Dark Web merupakan World Wide Web dari Dark Net seperti TOR. Artinya layanan situ yang bekerja di Dark Net adalah Dark web.


Posting Komentar untuk "Deep Web, Dark Web Dan DarkNet Apa Bedanya? | Canggieh"