FC Flight Controller Drone FPV

Canggieh.com,- FC Flight Controller merupakan jantung dari sebuah Drone (Kita fokus ke Drone). Karena Flight Controller yang mengatur sebagian besar komponen dengan bantuan Microprocessor dan beberapa sensor. Di artikel ini kita akan memahas tentang FC yang di pakai Drone Racing FPV dan beberapa fiturnya sehingga anda bisa memilih FC mana yang peling sesuai untuk anda aplikasikan. 

Processor FC Flight Controller

Perkembangan FC sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi sekarang, FC yang sekarang di bekali Mikroprocessor yang semakin cepat mengikuti perkembangan perangkat lunak sebagai sistem yang mengatur kinerja Mikroprocessor tersebut. Penamaan model sebuah board FC biasanya menyertakan label Chip Mikroprocessor utama yang di gunakan. Karena ini untuk memberikan informasi dasar kepada pilot drone tentang FC tersebut. Chip Mikroprocessor yang paling umum di gunakan dari pabrikan STMicroelectronics seperti STM32 F1, F3, F4 dan F7. Semakin tinggi kode F maka semakin cepat kinerjanya dan semakin banyak fungsinya. Untuk sekarang Mikroprocessor F4 dan F7 yang paling banyak di gunakan karena masih support untuk perangkat lunak yang terbaru dan untuk generasi yang lama sudah tidak memunkinkan secara penyimpanan dan kecepatan sudah tidak memenuhi.

FC Flight Controller Drone FPV
FC Drone FPV


 Perangkat Lunak / Firmware

Untuk menjalankan FC Drone FPV perlu di program dahulu menggunakan firmware yang sesuai dengan FCnya. Untuk memprogram FC di hubungkan ke komputer / laptop via port microUSB lalu di flash sebuah firmware menggunakan software FC Configurator. Perlu merubah settingan saat menyambungkan FC dengan komputer seperti usb driver untuk FC. Dengan adanya koneksi MicroUsb ini memudahkan user melakukan setting pada FC seperti setting PID, setting RX, Setting OSD dan setting mode terbang dll. Untuk FC Comfigurator sendiri banyak variannya seperti BetaFlight, CleanFlight, EmuFlight, RaceFlight dan KISS. FC Comfigurator yang paling banyak support FC biasanya Betaflight karena firmware ini bersifat open source. 

FC Flight Controller Drone FPV
Betaflight Configurator Drone FPV

Fisik Hardware

Secara umum fisik FC untuk Drone FPV memiliki bentuk kotak dengan empat lubang untuk pemasangan pada frame. secara dimensi di bedakan berdasarkan jarak lubang pemasangan misalkan FC 30 x 30 artinya memiliki mounting dengan jarak 30mm x 30mm biasanya di gunakan Drone FPV 5inch dan yang lebih kecil ada 20 x 20 biasanya untuk 2,5inch - 3inch, 16 x 16 biasanya untuk 2inch. 

Untuk sambungan dengan komponen lain pada FC terdapat konektor seperti sambungan untuk ke ESC, ke kamera, ke vtx dll. tapi seiring perkembangan FC di buat simple dengan membuat sambungan berupa solder pad artinya perlu di solder langsung hal ini supaya menghemat ruang dan lebih ringan dan lebih tahan getaran motor. 

Gyro

Gyro merupakan Sensor komponen yang berupa microchips dengan ukuran yang lebih kecil dari Micro processor. Gyro berfungsi untuk menentukan sudut bagian Drone misalkan mana bagian depan, belakang, kanan dan kiri. Sensor ini sangat di perlukan ketika terbang pada mode Acro (Mode khusus pada Drone FPV).

Accelerometer

Accelerometer juga merupakan sensor lainnya yang berfungsi mendeteksi respon kecepatan Drone berputar pada sumbu Roll, Pitch dan Yaw. FC Drone FPV menggunakan informasi ini untuk menghitung tiap sudut saat terbang di udara dan sensor ini diperlukan ketika terbang pada mode Horizon atau Model Level yang merupakan mode yang di rekomendasikan untuk para pemula.

PID

PID sebenarnya memiliki penjelasan yang sangat komplek jadi disini kita fokus PID pada Drone FPV. PID itu singkatan dari Proportional Integral dan Derivative. Sistem yang menjaga setabilitas Drone yaitu dengan mengontrol Loop PID yang di lakukan oleh perangkat lunak saat terbang. Dengan setting PID yang benar ini akan meningkatkan stabilitas dan respon lebih cepat pada Drone . Setting PID cukup rumit jadi sangat disarankan untuk pemula memakai settingaan PID dari pabrikan atau secara default.

Sensor Lainnya

FC juga memiliki sensor lain selain Gyro dan Accelerometer, dengan adanya sensor lain FC memiliki lebih banyak data untuk keperluan penerbangan yang lebih setabil.

  • GPS- GPS merupakan sensor yang berfungsi menentukan posisi, ketinggian dan kecepatan. Dengan sensor ini bahkan Drone FPV memiliki fungsi terbang secara otomatis dengan menentukan titik kembalinya. Sensor ini bisa mengambil alih penerbangan ketikan pilot lepas kendali dari Drone FPV dan Sensor ini sangat di perlukan untuk yang sering terbang jarak jauh. 
  • Barometer- Barometer berfungsi memberikan informasi ketinggian dan tekanan udara. Sensor ini memiliki akurasi yang lebih baik dari GPS, dan bahkan bisa menahan ketinggian yang lebih baik saat penerbangan.
  • Amper Meter- Amper Meter berfungsi sebagai sensor yang mendeteksi arus yang di gunakan. FC manggunakan data ini untuk menghitumg besaran arus dan konsumsi baterai kemudian di tampilkan pada OSD. Informasi ini sangat berguna bagi pilot karena memberikan indikasi penggunaan baterai, waktu terbang dan kapan waktunya mendaratkan Drone FPV
Fitur Lain Pada FC
Seiring perkembangan FC Drone FPV, pabrikan mulai memproduksi FC dengan fitur yang lebih lengkap sehingga menghasilkan rakitan Drone yang lebih simple, lebih ringan dan lebih rapi. yaitu dengan memproduksi FC All in One
  • OSD- OSD (On Screen Display) berfungsi menampilkan informasi pada layar FPV. hampir semua informasi bisa di tampilkan pada OSD tergantung setingan dari pilot sendiri. 
  • On Board VTX- FC all in One tertentu sudah langsung terpasang VTX (Video Transmiter) sehingga tidak perlu menambahkan VTX sendiri
  • On Board RX- RX merupakan Reciever atau penerima dari TX Transmiter, FC tertentu sudah terpasang RX yang tentu jadi lebih mudah. Untuk memilih FC yang terpasang RX harus di perhatikan Transmiternya artinya protocol yang di gunakan sesuai dengan transmiternya kecuali anda menggunakan transmiter Multi Protocol.
  • On Board PDB- Untuk FC yang sekarang, PDB sudah menjadi satu bagian yang tak terpisah karena sekarang FC di tuntut untuk lebih ringkas.
  • BEC- Fitur ini biasanya menjadi satu dengan rangkaian PDB karena fungsinya sebagai penurun dan pembagi tegangan.
  • Black Box- Fitur ini sangat berguna untuk menyimpan file log, semua aktifitas komponen yang terjadi ketika terbang tersimpan di Black Box, ketika terjadi crash pada Drone kita bisa menganalisa melalui data di black box.
  • On Board ESC- Electronic Speed Controller atau ESC berfungsi mengontrol kecepatan motor berdasarkan instruksi dari FC. ESC pada Drone di butuhkan empat buah karena untuk menggerakkan empat Motor, beberapa FC All In One sudah menganut On Board ESC artinya FC dan ESC sudah dalam satu board. 

Posting Komentar untuk "FC Flight Controller Drone FPV"