Kenali Fitur Android 12 Terbaru | Canggieh

Android 12 logo

Canggieh.com, - Android merupakan sistem operasi paling populer di seluruh dunia. Jadi wajar banyak yang menuggu dan heboh tentang fitur-fitur terbaru Android 12. Disini kita akan membahan fitur terbaik Android 12, kapan tanggal rilisnya, perangkat apa saja yang di dukung Android 12 dan Code name atau sebutan untuk Android 12.

Code Name Android 12

Bagi anda yang mencari nama atau sebutan sebutan untuk Android 12 mungkin anda tidak akan menemukannya karena Google sudah berhenti memberikan nama pada versi android semenjak 2019. Selama dua tahun terakhir memakai kata Android 10, Android 11 dan sekarang Android 12.

Namun, tahun lalu seperti yang kita ketahui Google secara internal masih memberikan nama ke versi androidnya. Misalkan Android 11 secara internal di sebut "Red Velvet Cake". Berdasarkan bocoran Android 12, versi Android berikutnya yaitu Android S secara internal di sebut "Snow Cone".

 Tanggal Perilisan Android 12


Berdasarkan pemetaan perilisan Android 12, Google merilis tiga tahap versi Developer Android 12 pada bulan Februari, Maret, dan April, dan versi pengembang 3 Android 12 rilis untuk beberapa perangkat Pixel.

Pada bulan Mei kita akan mendapatkan versi beta pertama Android 12. Google berencara merilis tiga versi beta Android 12 apa bulan Juni, Juli, dan bulan Agustus. Dan terakhir Google akan merilis versi Stable Android 12 di bulan September. Dan tentunya perangkat Pixel menjadi yang pertama menggunakannya sedangkan untuk pabrikan yang lain akan secacra bertahap mulai mendapatkan Android 12 pada Q4 tahun 2021 dan sebagian besar lainnya pada tahun 2022.

10 Fitur Terbaik Android 12  

Ini Berdasarkan versi Developer pertama Android 12

Pembaruan UI

Hal pertama yang akan anda lihat pada Android 12 adalah pada menu tampilan depan tampak dengan sudut yang membulat, Panel Pop-up, dan elemen UI lainnya. Anda akan mendapati menu pop-up dari aplikasi bahkan panel volume sedikit di ubah dan menampilkan slider yang lebih besar dengan sudut bulat.


Selain itu, ada beberapa penyesuian UI peninjauan penangkapan layar dapat di geser kanan-kiri. semua aplikasi menampilkan layar spalsh sepersekian detik setelah berjalan dan banyak lainnya.

Notifikasi Shade Dan Media Player UI

Penambahan fitur baru yang di sebut "Conversations" atau percakapan ke panel pemberitahuan dan ini merupakan perubahan desain dari Android 12. pada bagian pemberitahuan sekarang lebih transparan dan terlihat ada lebih banyak ruang pada bagian pemberitahuan. Perubahan lainnya yang terlihat yaitu pada jumlah notifikasi dan adanya icon jam yang baru pada menu pemberitahuan.


Pada bagian Media Player, Tombol putarnya lebih besar dengan menampilan gambar album selain itu ada icon kecil yang menunjukan audio yang sedang di putar dan ketika di ketuk akan menampilkan menu pop-up yang mana kita bisa menambahkan perangkat Bluetooth baru.

Selain itu ada halaman pengaturan Media baru yang menampilkan aplikasi mana yang dapat memutar audio. Untuk mengaksesnya anda dapat menekan lama pada Media Player pilih pengaturan atau membuka pengaturan bagian Suara dan Getaran pilih Media. 

One Hand Mode


One Hand Mode merupakan fitur terbaik Android 12, bisa memperkecil ukuran layar dan memunkinkan pengguna dengan mudah mengoperasikan dengan satu tangan. Namun tidak seperti One Hand Mode pada Android lainnya di mana layar mengecil secara vertikal dan horisontal. Di Android 12 hanya menurunkan skala pada layar. mode ini sangat berguna pada perangkat layar besar

Scrolling Screenshots

Setelah lama mengalami penundaan, Google akhirnya menambahkan fitur Scrolling Screenshots di Android 12. Scrolling Screenshot merupakan pengambil gambar pada layar tetapi bisa bergeser menyesuaikan arean yang akan di ambil gambarnya. Tapi sayangnya fitur ini belum sempurna di Android 12 Versi Develeoper pertama semoga di versi berikutnya lebih baik dan menjadi fitur Android 12 terbaik.

Picture-in-Picture


Seperti yang di kabarkan, Android 12 menyempurnakan pada mode Picture-in-Picture, seperti mencubit layar untuk mengubah ukuran gambar dan mengetuk dua kali jendela untuk berukuran penuh. Seperti pada PiP di iOS14, Android 12 juga menambahkan fungsi untuk menyembunyikan jendela Picture-in-Picture ke sisi layar.  

Menggunakan Murkup Screenshots Bisa Edit Photo

Google sekarang membuat pengguna untuk bisa mengedit semua foto menggunakan Murkup Tool, bukan hanya untuk Screenshoots saja tapi pengguna juga bisa menambahkan teks, stiker menggunakan fitur baru ini.

Menyembunyikan Lubang Pada Perangkat Picxel

Adanya lubang kamera bagian di sisi kiri atas merupakan fitur dari perangkat Pixel yang terbaru jika pengguna  tidak menyukainya bisa di sembunyikan lewat pengaturan Android 12 terbaru. Apabila mode ini di aktifkan akan terlihat bilah hitam di atas bilah setatus yang menggeser menu ke bawah secara efektif menyembunyikan lubang kamera.

Widget Percakapan

Google menambahkan fitur percakapan pada panel pemberitahuan di Android 11, yang mana pengguna tidak lagi melewatkan pesan yang di kirim dari keluarganya atau temannya. Fitur ini merupakan salah satu Fitur terbaik Android 12, pengguna bisa melihat daftar pesan, daftar panggilan dan informasi pengguna.

Kurangi Kecerahan Warna


Fitur baru pada Android 12 ini berfungsi untuk mengurangi kecerahan pada warna dan ini juga berpengaruh pada kecerahan layar, untuk mengaktifkannya ada pana pengaturan Aksesibilitas.

Ketuk Dua Kali (Pada Pixel)

Ketuk ganda adalah fitur terbaru Android 12, ini mirip dengan ketuk kembali pada iOS14. Pengguna dapat mengetuk dua kali pada bagian belakang perangkat untuk melakukan tindakan cepat seperti membuka Asisten Google, Aplikasi atau pengaturan dll. Sebenarnya fitur ini di kenalkan pada Android 11, namun pada rilisan terakhir tidak di sertakan dan sekarang tidak berfungsi.

Posting Komentar untuk "Kenali Fitur Android 12 Terbaru | Canggieh"