Apa Bedanya Ilmu Komputer Dan Teknik Komputer.? | Canggieh

Canggieh.com,- Bagi mereka yang mau terjuan ke dunia Komputasi terutama para pemula, sering menggunakan kata Ilmu Komputer dan Teknik Komputer secara bergantian. Meskipun banyak persamaan tapi juga banyak perbedaan. Ilmu Komputer berhubungan dengan pemrosesan, penyimpanan, komunikasi data dan instruksi sedangkan Teknik Komputer adalah penggabungan antara Teknik Listrik dan Ilmu Komputer. 

Jadi untuk para pemula yang hendak menentukan Program Study sebaiknya mulai tentukan preferensi anda, dan akan fokus di hal apa dan segera membuat keputusan.

Karena kebutuhan pada industri Komputasi semakin banyak dan lebih spesifik, pada study yang lebih tinggi dan gelarnya pun menjadi lebih spesifik. Karena hal ini juga menciptakan lapangan kerja yang lebih baik dan lebih banyak kesempatan bagi siswa untuk belajar apapun yang di sukai sehingga proses pemilihan program titik fokusnya lebih tepat dan lebih menantang.

Perbedaan Dan Persamaan : Ilmu Komputer Dan Teknik Komputer

Meskipun pendidikan komputasi menjadi lebih standar dan spesifik tetapi berkat itu juga anda bisa mendapat ide yang lebih menarik berdasarkan apa yang anda pelajari. Kebanyakan orang tidak mengetahui perbedaan istilah mendasar Ilmu Komputer Dan Teknik Komputer. Jadi untuk memperjelas perbedaan dan persamaan akan kita bahas dalam artikel ini.

Ilmu Komputer Tidak Terbatas Pada Pemrograman

Kebanyakan orang pasti mengira Ilmu Komputer ini hanya berhubungan dengan pemrograman, sebenarnya lebih dari itu. Ilmu Komputer adalah istilah umum yang mencakup 4 bidang utama komputasi yaitu:

  • Teori
  • Bahasa Pemrograman
  • Algoritma
  • Arsitektur
Dalam Ilmu Komputer anda bisa belajar tentang pemrosesan data, istruksi, dan bagaimana mereka di komunikasikan lalu kemudian di simpan pada perangkat komputasi. Dengan pembelajaran ini orang dapat belajar algoritma pemrosesan data, representasi simbolik, protokol komunikasi dan mengorganisir data dalam database. Sederhanya anda mempelajari masalah yang bisa di selesaikan oleh komputer, anda membuat algoritmanya dan membuat sistemnya untuk orang lain pakai mislkan dengan membuat sistem aplikasi, sistem database dan sistem keamanan dll.

Dalam proses pembelajaran sarjana Ilmu Komputer di dalamnya itu terdapat berbagai macam topik dan siswa bisa bekerja dan belajar di berbagai bidang. Sedangkan pada program studi pascasarjana mereka hanya fokus pada satu bidang saja. Jadi anda perlu meneliti terlebih dahulu program pascasarjana yang lebih tepat untuk anda dan menentukan tempat perguruan tingginya.

Teknik Komputer Lebih Banyak Penerapannya

Teknik Komputer seperti yang di jelaskan merupakan campuran dari Ilmu Komputer Dan Teknik Elektro. Dengan gabungan pengetahuan perangkat keras dan perangkat lunak, Teknik Komputer bisa bekerja hampir di semua bidang Komputasi. Mereke mengethui bagaimana microprocessor berfungsi, bagaimana mereka membuat sistem dan mengoptimalkannya, bagaimana transfer data terjadi sampai bagaimana perangkat lunak di tulis dan di kompilasi sehingga bisa bekerja di berbagai perangkat keras yang berbeda.

Setelah mengetahui Ilmpu Komputer Dan Teknik Komputer bahwasannya kedua bidang ini saling tumpang tindih di berbagai bidang, ada bidang yang menjadi jembatan di antara keduanya. Dan masalah gelar keduanya melibatkan permrograman, matematika dan dasar pengoperasian Komputer.

Secara keseluruhan ini terantung pada titik fokus anda, anda mau konsentrasi  di bidang perograman dan algoritma atau anda ingin mahir dengan perangkat keras. maka mulailah mencari program yang tepat dan capai tujuan anda. 

Posting Komentar untuk "Apa Bedanya Ilmu Komputer Dan Teknik Komputer.? | Canggieh"