7 Cara Mudah Meretas WhatsApp | Canggieh

Canggieh.com,- WhatsApp merupakan aplikasi chating terpopuler bahkan sudah menjadi aplikasi wajib yang tidak boleh di tinggalkan. Tetapi tahukah anda, chat WhatsApp bisa di Retas dengan berbagai cara dan ini bisa menjadi hal yang buruk bagi semua orang, tetapi tenang saja karena ada juga cara untuk mengamankannnya dari para Peretas yang meresahkan tapi munkin bagian ini akan di bahas di lain waktu. Sekarang kita fokus yang di bawah ini. 

7 Cara Yang Digunakan Untuk Meretas Chat WhatsApp

Dengan Memanfaatkan Celah Kemananan

WhatsApp pernah mengalami adanya Bug atau Celah pada sistemnya pada tahun lalu dan ini ternyata di gunakan oleh peretas untuk menggunakan aksinya. Celah itu terletak pada panggilan suara Pegasus Spyware dan Kiriman gambar GIF yang berisi Code untuk meretas. 

Pegasus merupakan spyware buatan Israel yang di targetkan untuk para activis dan jurnalis India. Metodenya dengan menggunakan panggilan suara WhatsApp ke target, dengan itu peretas bisa mengakes perangkat, canggihnya meskipun target tidak menjawab panggilan itu cara tersebut tetap bekerja dan targetnya tidak menyadari bahwa malware sudah terisntal pada perangkat mereka. 

Celah lain yaitu menggunakan kiriman gambar GIF yang berisi code berbahaya, apabila kiriman tersebut di lihat korbannya maka peretas mendapat akes untuk membajak riwayat Chat WhatsApp korban. 

Meskipun celah-celah ini sudah di perbaiki bisa saja ada celah lain yang belum di ketahui maka sangat di sarankan untuk selalu mengUpdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. 

WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan fitur yang membuat aplikasi WhatsApp bisa di akses melalui komputer menggunakan aplikasi browser. Semua chat whatsapp, file media tersinkronisasi sepenuhnya dengan perangkat seluler, ini artinya semua aktifitas pada WhatsApp Web akan terjadi juga pada WhatsApp seluler. 

Fitur ini tentu menimbulkan resiko keamanan. Untuk mengaktifkan fitur ini perlu melakukan scan barcode pada WhatsApp Web, setelah di lakukan maka WhatsApp pada seluler memberikan otoritas kepada WhatsApp Web dan ini akan terus terhubung. 

Apabila ini di lakukaan orang lain tanpa sepengetahuan anda sudah pasti berbahaya karena semua aktifitas bisa di ambil atau mengambil screenshot pada layar sehingga ini melanggar pivasi anda. 

Beberapa hal berikut yang sebaiknya anda lakukan ketika anda menggunakan WhatsApp Web: 

  • Jangan pernah mengaktifkan WhatsApp Web pada komputer yang di gunakan secara bersamaan. Tapi jika anda sudah melakukannya jangan lupa untuk Logout dari WhatsApp Web.
  • Jangan lupa membuang centang "Keep Me Signed In" ketika scan bacode WhatsApp Web. Dengan ini WhatsApp akan logout secara otomatis ketika sesi habis.
  • Setiap kali WhatsApp Web aktif akan ada peringatan pada perangkat di bagian notifikasi. Jika aktifitas ini merasa bukan anda yang melakukannya segera ketuk peringatan tersebut akan masuk ke aplikasi WhatsApp masuk ke opsi lainya >WhatsApp Web> Keluar dari semua perangkat> Keluar


Mengekspor Riwayat Chat


Mengekspor riwayat Chat ini peretas perlu memegang perangkat secera langsung. Diperlukan waktu kurang dari satu menit agar cara ini berfungi dan apabila perangkat tidak terkunci jelas semakin mudah peretas melakukannya

Untuk melakukannya cukup buka aplikasi WhatsApp pilih Chat yang akan di ekspor ketuk opsi pada bagian pojok kanan atas dan pilih opsi Ekspor chat. 

Untuk keamanan sebaiknya selalu kunci perangkat anda menggunakan PIN, Pola atau sidik jari untuk menghindari siapapun melihat riwayat chat anda atau bila perlu gunakan aplikasi pengunci WhatsApp agar tetap aman.

Mengakses Cadangan Chat Anda

Perlu di ingat bahwasannya WhatsApp menyediakan enkripsi End to End hanya saat berada di platformnya ini berarti saat keluar dari WhatsApp sudah tidak di enkripsi lagi. 

Jika anda sudah melakukan pencadangan chat ke Google Drive atai iCloud harus di ingat bahwa percakapan tersebut tidak di enkripsi dan bisa di akses orang lain jika berhasil mengambil akun Google atau iCloud anda.

Bongkar File Media

WhatsApp tetap menyimpan pesan anda tetap terenkripsi saat berpindah, meski begitu ktikan file media mencapai pada perangkat seluler enkripsinya akan terbuka. Dan ini merupakan celah di mana peretas memanfaatkan cara WhatsApp menerima file media seperti foto, video dan dokument lainnya dan memindahkannya ke penyimpanan eksternal perangkat. 

Pembajakan file media di lakukan dengan memasang malware tersembunyi pada aplkasi yang tampak tidak berbahaya. Malware ini dapat memantau file yang keluar masuk aplikasi WhatsApp, dan malware ini bisa menukar file asli dengan  file yang palsu sehingga bisa di gunakan untuk menipu atau memantau  obrolan korban.

Metode Spoofing

Metode Spoofing sebenarnya cukup rumit, karena dengan metode ini peretas tidak perlu memegang perangkat secara langsung inilah yang membuatnya berbahaya dan sulit dicegah. tapi ini ga mustahil dan bisa terjadi.

Metode ini peretas biasanya menggunakan alamat MAC dari perangkat seluler target selanjutnya peretas menggunakan aplikasi seperti Busy Box dan Terminal Emulator di smrtphone peretas dan mengubah alamat MAC mereka ke alamat perangkat target.

Selanjutnya mereka mengisntal aplikasi WhatsApp dan memasukan No telpon target. Kemudian mereka mendapatkan kode verifikasi pada perangkat target untuk masuk. setelah berhasil masuk WhatsApp korban akan menutup dan rusak.

Memakai Pihak Ketiga Spyware

Ada beberapa aplikasi Spyware seperti EvaSpy atau Spyzie yang tersedia khusus untuk memantau chat WhatsApp atau aplikasi chat lainnya. Aplikasi ini harus di pasang pada perangkat target karena berfungsi memantau chat WhatsApp dan mengirimkannya pada peretas. aplikasi ini berbayar dan tersedia di DarkNet dan itu bukan sesuatu yang mudah di dapatkan tapi itu tidak menutup fakta bahwa aplikasi tersebut ada.  

1 komentar untuk "7 Cara Mudah Meretas WhatsApp | Canggieh"